Selamat datang, para penggemar mobil klasik ... anda masuk ke blog yang tepat ... karena halaman ini didedikasikan buat penggemar mobil-mobil klasik dengan CC besar nan boros tapi bertenaga badak .. macam :
1. Toyota Hardtop 2F
2. Mercedez Benz Klasik
3. Peugeot 505GR
dan sebagainya ...
Tujuannya tak lain tak bukan adalah mari bersama-sama memikirkan bagaimana caranya mobil kita tidak boros-boros amat dan dimusuhi pemerintah karena dianggap menghambur-hamburkan BBM bersubsidi ...

Friday, May 4, 2012

Membuat Sendiri Modul Pengapian TCI (Transistor Controlled Ignition)

Well .. sebagai hadiah dari kemunculan pertama blog ini, kami berikan free schematic rangkaian elektronik pengubah pengapian model platina ke TCI. Bukan CDI lho!! CDI lain dengan TCI.

Mobil-mobil modern sekarang ini hampir semuanya menggunakan sistem TCI (induksi) yang secara digital dikendalikan oleh komputer, bukan CDI (Capasitive Discharge Ignition). Dijaman dulu, TCI ditrigger oleh magnetic pulser yang diposisikan didalam distributor atau delco dengan tanpa diolah oleh sistem komputer.

Campur aduk antara istilah TCI dengan CDI adalah hal yang lumrah di masyarakat. Maklumlah, masyarakat awam sering menganggap pengapian yang memakai semikonduktor atau transistor dan sejenisnya dengan istilah CDI, seringkali tanpa perlu berpikir singkatan dari apa CDI itu.

Kalau anda menemukan artikel CDI padahal yang dimaksud adalah TCI, maka tentu saja pembuat artikel masih kurang paham dengan apa yang ditulisnya. Ok, just to inform you, no offense. Well here we goooooo ....

Dari Platina ke TCI dengan trigger platina, modifikasi simpel tanpa merobah struktur platina .....
Manfaat :
1. Platina jauh lebih awet karena tidak ada titik kontak dengan busur api
2. Pengapian lebih besar
3. Anda bisa pakai platina bekas sekalipun
4. Anda bisa buang kondensor platina

Nah ini dia skematiknya :

Klik untuk Memperbesar/Download Gambar

Bila anda ingin menggunakan magnetic pulser, atau untuk membuat sendiri TCI yang rusak, maka rangkaian ini bisa anda buat .. tentu saja jauh lebih murah membuat sendiri daripada beli jadi ...

Click to enlarge ...


Selamat mencoba .....

46 comments:

  1. posting yg sangan bermanfaat...
    maaf, utk jalur yg ke coil mana ya ?

    ReplyDelete
  2. maaf gan...saya sudah coba rangkaian buat mobil colt platina, TR c3039 saya ganti persamaan, capasitor (susah nyarinya) saya ganti 105 milik cdi, tes..bagus api keluar, aplikasikan ke mobil, buka tutup platina tes bagus.. kendalanya saat di stater api hilang..apa saya perlu capasitor bank? karena diduga stroom accu turun saat stater, saya coba catu daya rangkaian terpisah ( pake accu terpisah ) hasilnya bagus... kesimpulan : api tidak nembak saat bersamaan dengan motor stater hidup. mohon pencerahan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikut nimbrung mas brow,105 kan artinya 1 uF(1000 nano Farad) jadinya kegedean 5x dari 220 nF(0,22 uF)akibatnya bs mengurangi api.Kl sulit bs pk 100 nF/minimal 400 V yg diparalel atau 470 nF/min 250 V yg diseri atau pk kondensor yang di delco cuma kemahalan dan kegedean.Nilai kapasitor di TCI tdk kritis krn berfungsi meredam transient listrik saat transistor on,jdnya kl kegedean ya apinya berkurang

      Delete
  3. gan, saya udah coba buat spt skema di atas dgn tetap memakai platina. namun setelah saya aplikasikan pd koil, mobil tak bisa hidup.
    yg saya tanyakan, bagaimana cara mengecek rangkaian TCI ini untuk memastikan rangkaian TCI sudah OKE dan siap dipasang,,,,, thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal abisalma..kalau untuk cek gampang...setelah instalasi semua benar, cabut kabel dari koil yg ke delco, buka penutup delco, gerakan paltina (menutup dan membuka) pakai tangan (ati2 kesetrum, sebaiknya pake obeng palstik) bersamaan dekatkan ujung kabel koil ke body sedapatnya api beres..., ya tapi masalahnya rangkaian tidak bekerja saat stater hidup...... ni suhu belum jawab masalah ane ya...

      Delete
  4. Pastikan coil tidak memakai resistor eksternal, atau kalau pakai coil standard kijang yang 3 kutup, hindari yang ada resistor internalnya (pakai aja terminal - dan +, jangan B).

    Coba lihat pada sistem pengapian mobil yang tidak memakai platina, tidak pakai resistor khan di Coilnya? ini karena pada transistor power sudah ada resistansi internalnya, jadi jangan ditambah lagi dengan di coil.

    Intinya kalau komponen sama persis bakal ngacir dah ... tahan bertahun-tahun lagi .... he he he ... kalau pakai persamaan .. silahkan bereksperimen ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf gan nubi mau nanya lagi,....maklum...rada2 katrok nich...he he he..
      utk pemasangan ni TCI, kabel asli yg menghubungkan antara platina ke coil(-) dilepaskah? ato dibiarin aja.
      yg udah ane coba itu kabel ane lepas gan dgn asumsi sudah tergantikan fungsinya oleh itu TCI...
      MAKACIHHHHHH...

      Delete
    2. bantuin agan suhu nih... kalo kabel negatif asli ke koil dibiarin ya atuh nggak kerja soalnya bertolak belakang dengan prinsif TCI, platina asli terjadi pengapian saat platina membuka, sedangkan TCI terjadi pengapian saat platina menutup, juga voor dan naag Maju mundur pengapian perlu di stel ulang....kayaknya hehe.. buat agan suhu saya dah coba berbagai koil dari yg pake resistor dan tidak, sampe koil motor, yang saya rasakan kayaknya penstabil tegangan yg diperlukan...rangkaian bekerja stabil pada voltase berapa sih ?...maaf ya gan resiko jadi suhu ya ditanyain muridnya..hehe

      Delete
    3. bos,yg nt katakan pengapian terjadi saat platina menutup, btul ga itu, ko malah 'kayaknya' mohon jangan bikin bingung.

      Delete
    4. Pengapian terjadi saat platina membuka.

      Saat platina menutup, coil mendapatkan sambungan sempurna dari battery dimana battery memberi tegangan plus 12V ke coil dan sisi negatif coil disambungkan oleh platina ke ground yang juga sekaligus negatif battery. Saat ini coil dalam kondisi charging.

      Saat negatif dilepaskan oleh platina, tegangan pada lilitan primer coil kolaps dan mengakibatkan locantan bunga api pada lilitan sekunder (ke kabel busi). Untuk jelasnya bisa lihat link di halaman lama saya di

      http://www.freewebs.com/ahsworkshop/IG140

      itu halaman lama saya dan disain yang saya jual disitu telah saya sumbangkan gratis disini he he he ...

      (itu benar foto Ibu cicil? ada juga ya wanita tertarik ama beginian, mana cakep lagi he he he ....)

      Delete
    5. jangan salah gini2 sy guru otomotif smk lho,mkanya sy komplain sm komen yg bilang pengapian terjadi saat platina menutup.

      Delete
    6. menurutku pengapian terjadi bukan karena buka atau nutup platina. lebih tepatnya karena getaran waktu platina itu membuka. bener gak bu Guru?

      Delete
    7. bos saya uda coba bikin sesuai spesifikasi komponennyam secara teknis rangkaian sudah jalan cuman api yang keluar ke delco sangat kecil sehingga mesin tdk mau hidup, yang saya tanyakan apakah merk atau harga komponen berpengaruh ?....saya sman kluarin duit buat beli komponen tsb cuman 26 ribu bos

      Delete
    8. Saya setuju dengan pendapat mas Aji Sanitya Permada. prinsipnya, koil atau tranformator hanya bekerja pada tegangan AC (bolak-balik) bukan DC (searah). Pada kendaraan, untuk memperoleh teganan AC dilakukan dengan cara tegangan DC dibuka-tutup mempergunakan platina.
      Kemudian tegangan yang muncul pada ujung koil (EHT - extra high tension) di distribusikan melalui delko (yang kebetulan dibuat satu rumah dengan platina) mudah-mudahan jelas.

      Delete
  5. ga keluar api dari coil nya gan .?? Untuk mobil peugeut 5o5 tahun 87..?!

    ReplyDelete
  6. Gimana suhu sudah menemukan solusinya belum? banyak yang perlu bantuan tuh termasuk aq hehehe

    ReplyDelete
  7. transistor C3039 sama Transistor C3460 dibutuhkan Headsing/pendingin dari almunium ga?

    ReplyDelete
  8. Maaf gan..mau tanya lagi nich, apakah kabel yang skrg menempel ke platina hrs dilepas dan cukup digantikan output dari "Basis" Transistor BC557? Artinya tdk merubah Struktur Kabel2, namun jk begitu hasilnya tdk keluar apinya..! Bisa Keluar Apinya apabila tdk merubah Kabel2 yg menempel...toloooong donk....

    ReplyDelete
  9. Artikel yang sangat bermanfaat.
    mau ikut nyoba tapi cari komponennya susah di t4ku.

    ReplyDelete
  10. apa perbedaannya yg menggunakan ic dan tidak menggunakan ic.

    ReplyDelete
  11. mau taxa lagi.. kalau beli magnetik pulser tu d mn n berapa harganya

    ReplyDelete
  12. Wahhh lama gak cek ini blog, ternyata banyak yang comment yah? he he he .... mohon maaf karena saya banyak konsentrasi di blog satunya http://ahsworkshop.blogspot.com

    Sebentar lagi akan saya update tentang TCI dengan disain baru, komponen yang lebih mudah didapatkan dipasaran. lebih simpel dan tentu saja ... lebih tinggi daya tahannya ....

    ReplyDelete
  13. untuk tipe transistornya apa mass.

    ReplyDelete
  14. Suwun kang rangkaiannya, kebetulan beberapa waktu lalu dapet masalah dengan zafira, dengan sedikit ubahan pada transistor yang dipakai berhasil juga. Untuk ubahannya bisa lihat DISINI
    Ditunggu update artikel selanjutnya biar bermanfaat juga buat yang lain.
    Suwuun.

    ReplyDelete
  15. mau nanya gan, untuk resistornya tu pake yg brp watt??

    ReplyDelete
  16. saya sudah rangkai sama seperti di gambar malah g keluar pengapian... padahal komponen sdh sama sesuai gambar... apa yg salah ya kira2?

    ReplyDelete
  17. Maaf gan suhu, tolong tanya, klo posisi kabel plus coil yg dari acc, ikut dimana ? Apa ga dipakai?, thx uuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kabel Plus Coil ikut sama kunci kontak On setelah sekring IG Mas Agus, Otomotrip.com

      Delete
    2. Maaf suhu admin, hehe rada kurang jelas, soal nya posisi sekarang, dari coil + yg sekarang, ada 2 kabel, yang 1 lewat resistor dan ada listrik wkt kontak di acc, dan 1 lg cuman ada listrik waktu distarter, jadi bingung nih, mau sambungnya gimana, ya.....rangkaian udah jadi , tp bingung apa kabel plus dari rangkaian langsung ke + coil dan ditambah dengan 2 kabel coil saya yang lama (resistor nya dilepas), gitu ? Soalnya rangkaian udah jadi, tp blum brani coba, takut kalo" korslet, hehe, mohon bantuan ya.....thx b4

      Delete
    3. Maaf baru sempat balas, Seharusnya ada tegangan listrik di resistor coil hanya saat kunci kontak ON, kalau sdh ada tegangan listrik saat masih kunci kontak Acc, kemungkinan ada short antara ACC dengan ON. Sarannya perbaiki dulu jalur Kunci kontak.
      Resistor tidak perlu dilepas, kalau dilepas khawatir cepet rusak transistor pada TCI nya karena arus yang terlalu besar.
      Kalau rangkaian kan sudah jelas agar arus yang lewat platina lebih kecil sehingga platina lebih awet, tinggal dilihat kembali gambar pertama, Jadi rangkaian ditempatkan antara coil dan platina. Terima kasih, Salam juga buat Mas Admin blog ini dari Portal Otomotif

      Delete
  18. apa bisa mas but motor.pengapianya ke jupiter z.masa harus mobil aj mas?thuks

    ReplyDelete
  19. Mas Agan,,,,permisi tanya nich,,,,kalu misal nya catu daya hanya 6Volt berarti transistor dan kapasitor menggunakan ukuran berapa. maaf gan karena akan saya aplikasikan untuk motor norton yang sudah saya rubah 6V dam masih platina.

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. ada yang udah siap pakai yaa?. kalau ada berapa Rp nya+ ongkos kirim sama panduan pemasangan. makasih, wasalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal pesen di http://ignitionpower.blogspot.com/

      Delete
  22. kalo mau bikin sendiri dan udah terbukti manjur nih rangkaian lengkapnya....Gratis rangkaiannya & murah Komponenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://www.facebook.com/photo.php?fbid=723106491048462&set=gm.10151611038812031&type=1&relevant_count=1&ref=nf

      Delete
  23. sudah merangkai dengan benar, sudah keluar apina. tapi mobil di start tidak hidup.. ..untuk R berapa watt ya..?
    tolong pencerahannya dari agan agan yang sudah berhasil membuat
    matur nuwun

    ReplyDelete
  24. Ikut nimbrung mas bro, saya sdh pakai TCI Rangkaian yang berbeda tapi prinsipnya sama pada daihatsu Zebra 93, langsung ngacir bensin lebih irit 15%, starter langsung jreng, intinya kapasitor yang di delco (platina) dilepas (bisa dipakai/digantikan pada kapasitor AC 0,22 mikro F 275 V)

    ReplyDelete
  25. sekedar info saja, untuk pengganti transistor
    c3460 = bu902/bu903/buv89/2sc3643/2sc3461.
    c3039 = mje 13006/2sc2739/2sc3170/2sc4106.
    bc557 = bc212/bc257/bc307.

    ReplyDelete
  26. mohon pencerahannya gan.saya udah bikin rangkaian persis seperti ini.tapi apinya kecil sekali dan mobil susah hidup.kira2 apa yang salah ya?trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending ganti cdi amper tdk perlu besar krn voltase yg tinggi +_ 220volt dan kalo tci amper hrs besar krn voltase kecil.

      Delete
  27. Memang untuk model tci api cenderung lbh kecil krn volt kecil dan amper harus besar,sebaiknya pakai cdi karena tegangan dinaikan jadi 200volt amper kecil dan hebatnya coil tidak panas krn tdk kemasukan tegangan langsung.saya sudah coba pakai cdi motor dan triger tetap pakai platina,dipasang pd mobil lama hasilnya luar biasa.

    ReplyDelete
  28. Bang marta sya setuju dngan pendapatnya tpi klo pke triger platina jdinya bunga api terjdi saat platina menutup dong . Gmana cranya ngerubah yar terjdi bunga api pd sat platina membuka

    ReplyDelete