Well .. sebagai hadiah dari kemunculan pertama blog ini, kami berikan free schematic rangkaian elektronik pengubah pengapian model platina ke TCI. Bukan CDI lho!! CDI lain dengan TCI.
Mobil-mobil modern sekarang ini hampir semuanya menggunakan sistem TCI (induksi) yang secara digital dikendalikan oleh komputer, bukan CDI (Capasitive Discharge Ignition). Dijaman dulu, TCI ditrigger oleh magnetic pulser yang diposisikan didalam distributor atau delco dengan tanpa diolah oleh sistem komputer.
Campur aduk antara istilah TCI dengan CDI adalah hal yang lumrah di masyarakat. Maklumlah, masyarakat awam sering menganggap pengapian yang memakai semikonduktor atau transistor dan sejenisnya dengan istilah CDI, seringkali tanpa perlu berpikir singkatan dari apa CDI itu.
Kalau anda menemukan artikel CDI padahal yang dimaksud adalah TCI, maka tentu saja pembuat artikel masih kurang paham dengan apa yang ditulisnya. Ok, just to inform you, no offense. Well here we goooooo ....
Dari Platina ke TCI dengan trigger platina, modifikasi simpel tanpa merobah struktur platina .....
Manfaat :
1. Platina jauh lebih awet karena tidak ada titik kontak dengan busur api
2. Pengapian lebih besar
3. Anda bisa pakai platina bekas sekalipun
4. Anda bisa buang kondensor platina
Nah ini dia skematiknya :
Bila anda ingin menggunakan magnetic pulser, atau untuk membuat sendiri TCI yang rusak, maka rangkaian ini bisa anda buat .. tentu saja jauh lebih murah membuat sendiri daripada beli jadi ...
Selamat mencoba .....
posting yg sangan bermanfaat...
ReplyDeletemaaf, utk jalur yg ke coil mana ya ?
lha yang ada tanda + dan - itu khan coil ? he he he ...
ReplyDeletemaaf gan...saya sudah coba rangkaian buat mobil colt platina, TR c3039 saya ganti persamaan, capasitor (susah nyarinya) saya ganti 105 milik cdi, tes..bagus api keluar, aplikasikan ke mobil, buka tutup platina tes bagus.. kendalanya saat di stater api hilang..apa saya perlu capasitor bank? karena diduga stroom accu turun saat stater, saya coba catu daya rangkaian terpisah ( pake accu terpisah ) hasilnya bagus... kesimpulan : api tidak nembak saat bersamaan dengan motor stater hidup. mohon pencerahan...
ReplyDeleteikut nimbrung mas brow,105 kan artinya 1 uF(1000 nano Farad) jadinya kegedean 5x dari 220 nF(0,22 uF)akibatnya bs mengurangi api.Kl sulit bs pk 100 nF/minimal 400 V yg diparalel atau 470 nF/min 250 V yg diseri atau pk kondensor yang di delco cuma kemahalan dan kegedean.Nilai kapasitor di TCI tdk kritis krn berfungsi meredam transient listrik saat transistor on,jdnya kl kegedean ya apinya berkurang
DeleteUntuk resistor brp wat mas
Deletegan, saya udah coba buat spt skema di atas dgn tetap memakai platina. namun setelah saya aplikasikan pd koil, mobil tak bisa hidup.
ReplyDeleteyg saya tanyakan, bagaimana cara mengecek rangkaian TCI ini untuk memastikan rangkaian TCI sudah OKE dan siap dipasang,,,,, thanks..
salam kenal abisalma..kalau untuk cek gampang...setelah instalasi semua benar, cabut kabel dari koil yg ke delco, buka penutup delco, gerakan paltina (menutup dan membuka) pakai tangan (ati2 kesetrum, sebaiknya pake obeng palstik) bersamaan dekatkan ujung kabel koil ke body sedapatnya api beres..., ya tapi masalahnya rangkaian tidak bekerja saat stater hidup...... ni suhu belum jawab masalah ane ya...
Deletethanks, mas bro....
DeletePastikan coil tidak memakai resistor eksternal, atau kalau pakai coil standard kijang yang 3 kutup, hindari yang ada resistor internalnya (pakai aja terminal - dan +, jangan B).
ReplyDeleteCoba lihat pada sistem pengapian mobil yang tidak memakai platina, tidak pakai resistor khan di Coilnya? ini karena pada transistor power sudah ada resistansi internalnya, jadi jangan ditambah lagi dengan di coil.
Intinya kalau komponen sama persis bakal ngacir dah ... tahan bertahun-tahun lagi .... he he he ... kalau pakai persamaan .. silahkan bereksperimen ...
maaf gan nubi mau nanya lagi,....maklum...rada2 katrok nich...he he he..
Deleteutk pemasangan ni TCI, kabel asli yg menghubungkan antara platina ke coil(-) dilepaskah? ato dibiarin aja.
yg udah ane coba itu kabel ane lepas gan dgn asumsi sudah tergantikan fungsinya oleh itu TCI...
MAKACIHHHHHH...
bantuin agan suhu nih... kalo kabel negatif asli ke koil dibiarin ya atuh nggak kerja soalnya bertolak belakang dengan prinsif TCI, platina asli terjadi pengapian saat platina membuka, sedangkan TCI terjadi pengapian saat platina menutup, juga voor dan naag Maju mundur pengapian perlu di stel ulang....kayaknya hehe.. buat agan suhu saya dah coba berbagai koil dari yg pake resistor dan tidak, sampe koil motor, yang saya rasakan kayaknya penstabil tegangan yg diperlukan...rangkaian bekerja stabil pada voltase berapa sih ?...maaf ya gan resiko jadi suhu ya ditanyain muridnya..hehe
Deletebos,yg nt katakan pengapian terjadi saat platina menutup, btul ga itu, ko malah 'kayaknya' mohon jangan bikin bingung.
DeletePengapian terjadi saat platina membuka.
DeleteSaat platina menutup, coil mendapatkan sambungan sempurna dari battery dimana battery memberi tegangan plus 12V ke coil dan sisi negatif coil disambungkan oleh platina ke ground yang juga sekaligus negatif battery. Saat ini coil dalam kondisi charging.
Saat negatif dilepaskan oleh platina, tegangan pada lilitan primer coil kolaps dan mengakibatkan locantan bunga api pada lilitan sekunder (ke kabel busi). Untuk jelasnya bisa lihat link di halaman lama saya di
http://www.freewebs.com/ahsworkshop/IG140
itu halaman lama saya dan disain yang saya jual disitu telah saya sumbangkan gratis disini he he he ...
(itu benar foto Ibu cicil? ada juga ya wanita tertarik ama beginian, mana cakep lagi he he he ....)
jangan salah gini2 sy guru otomotif smk lho,mkanya sy komplain sm komen yg bilang pengapian terjadi saat platina menutup.
Deletemenurutku pengapian terjadi bukan karena buka atau nutup platina. lebih tepatnya karena getaran waktu platina itu membuka. bener gak bu Guru?
Deletebos saya uda coba bikin sesuai spesifikasi komponennyam secara teknis rangkaian sudah jalan cuman api yang keluar ke delco sangat kecil sehingga mesin tdk mau hidup, yang saya tanyakan apakah merk atau harga komponen berpengaruh ?....saya sman kluarin duit buat beli komponen tsb cuman 26 ribu bos
DeleteSaya setuju dengan pendapat mas Aji Sanitya Permada. prinsipnya, koil atau tranformator hanya bekerja pada tegangan AC (bolak-balik) bukan DC (searah). Pada kendaraan, untuk memperoleh teganan AC dilakukan dengan cara tegangan DC dibuka-tutup mempergunakan platina.
DeleteKemudian tegangan yang muncul pada ujung koil (EHT - extra high tension) di distribusikan melalui delko (yang kebetulan dibuat satu rumah dengan platina) mudah-mudahan jelas.
bener sekali bu guru....
Deletewih bisa belajar sama bu guru nie....
boleh kan bu,,,,
makasih skemanya gan..saya coba pakai tr persamaan...hasil ngacirrrrr zossss..
DeleteThis comment has been removed by the author.
DeleteThis comment has been removed by the author.
DeleteThis comment has been removed by the author.
DeleteThis comment has been removed by the author.
DeleteKayaknya Blog ini terus banyak penggemarnya walau sudah bertahun-tahun ditulis tetap saja ada yg ingin menerapkan Pengapian TCI karena bisa pakai Platina rusak.
DeleteDisini Platina kan digunakan untuk mengaktifkan atau meng ON kan Transistor PNP basis B nya Negatif, maka Platina harus tutup untuk terhubung ke Transistor berbasis Negatif dan Kapasitor Keramik terisi, ketika Platina buka maka Transistor OFF dan Tegangan Akki tdk bisa masuk ke Kapasitor keramik tetapi Kapasitor keramik akan "membuang Tegangan" awalnya yg masuk ke Koil Pengapian.
Jadi tidak benar pengapian terjadi ketika platina menutup karena saat ini Kapasitor terisi dan belon terjadi supply api kebusi.
Demikian Terimakasih, ha...ha....
ga keluar api dari coil nya gan .?? Untuk mobil peugeut 5o5 tahun 87..?!
ReplyDeleteGimana suhu sudah menemukan solusinya belum? banyak yang perlu bantuan tuh termasuk aq hehehe
ReplyDeletetransistor C3039 sama Transistor C3460 dibutuhkan Headsing/pendingin dari almunium ga?
ReplyDeleteMaaf gan..mau tanya lagi nich, apakah kabel yang skrg menempel ke platina hrs dilepas dan cukup digantikan output dari "Basis" Transistor BC557? Artinya tdk merubah Struktur Kabel2, namun jk begitu hasilnya tdk keluar apinya..! Bisa Keluar Apinya apabila tdk merubah Kabel2 yg menempel...toloooong donk....
ReplyDeleteArtikel yang sangat bermanfaat.
ReplyDeletemau ikut nyoba tapi cari komponennya susah di t4ku.
apa perbedaannya yg menggunakan ic dan tidak menggunakan ic.
ReplyDeletemau taxa lagi.. kalau beli magnetik pulser tu d mn n berapa harganya
ReplyDeleteWahhh lama gak cek ini blog, ternyata banyak yang comment yah? he he he .... mohon maaf karena saya banyak konsentrasi di blog satunya http://ahsworkshop.blogspot.com
ReplyDeleteSebentar lagi akan saya update tentang TCI dengan disain baru, komponen yang lebih mudah didapatkan dipasaran. lebih simpel dan tentu saja ... lebih tinggi daya tahannya ....
untuk tipe transistornya apa mass.
ReplyDeleteSuwun kang rangkaiannya, kebetulan beberapa waktu lalu dapet masalah dengan zafira, dengan sedikit ubahan pada transistor yang dipakai berhasil juga. Untuk ubahannya bisa lihat DISINI
ReplyDeleteDitunggu update artikel selanjutnya biar bermanfaat juga buat yang lain.
Suwuun.
mau nanya gan, untuk resistornya tu pake yg brp watt??
ReplyDeletesaya sudah rangkai sama seperti di gambar malah g keluar pengapian... padahal komponen sdh sama sesuai gambar... apa yg salah ya kira2?
ReplyDeleteMaaf gan suhu, tolong tanya, klo posisi kabel plus coil yg dari acc, ikut dimana ? Apa ga dipakai?, thx uuuu
ReplyDeleteBiasanya kabel Plus Coil ikut sama kunci kontak On setelah sekring IG Mas Agus, Otomotrip.com
DeleteMaaf suhu admin, hehe rada kurang jelas, soal nya posisi sekarang, dari coil + yg sekarang, ada 2 kabel, yang 1 lewat resistor dan ada listrik wkt kontak di acc, dan 1 lg cuman ada listrik waktu distarter, jadi bingung nih, mau sambungnya gimana, ya.....rangkaian udah jadi , tp bingung apa kabel plus dari rangkaian langsung ke + coil dan ditambah dengan 2 kabel coil saya yang lama (resistor nya dilepas), gitu ? Soalnya rangkaian udah jadi, tp blum brani coba, takut kalo" korslet, hehe, mohon bantuan ya.....thx b4
DeleteMaaf baru sempat balas, Seharusnya ada tegangan listrik di resistor coil hanya saat kunci kontak ON, kalau sdh ada tegangan listrik saat masih kunci kontak Acc, kemungkinan ada short antara ACC dengan ON. Sarannya perbaiki dulu jalur Kunci kontak.
DeleteResistor tidak perlu dilepas, kalau dilepas khawatir cepet rusak transistor pada TCI nya karena arus yang terlalu besar.
Kalau rangkaian kan sudah jelas agar arus yang lewat platina lebih kecil sehingga platina lebih awet, tinggal dilihat kembali gambar pertama, Jadi rangkaian ditempatkan antara coil dan platina. Terima kasih, Salam juga buat Mas Admin blog ini dari Portal Otomotif
apa bisa mas but motor.pengapianya ke jupiter z.masa harus mobil aj mas?thuks
ReplyDeleteMas Agan,,,,permisi tanya nich,,,,kalu misal nya catu daya hanya 6Volt berarti transistor dan kapasitor menggunakan ukuran berapa. maaf gan karena akan saya aplikasikan untuk motor norton yang sudah saya rubah 6V dam masih platina.
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteada yang udah siap pakai yaa?. kalau ada berapa Rp nya+ ongkos kirim sama panduan pemasangan. makasih, wasalam
ReplyDeletetinggal pesen di http://ignitionpower.blogspot.com/
Deletekalo mau bikin sendiri dan udah terbukti manjur nih rangkaian lengkapnya....Gratis rangkaiannya & murah Komponenya
ReplyDeletehttps://www.facebook.com/photo.php?fbid=723106491048462&set=gm.10151611038812031&type=1&relevant_count=1&ref=nf
Deletesudah merangkai dengan benar, sudah keluar apina. tapi mobil di start tidak hidup.. ..untuk R berapa watt ya..?
ReplyDeletetolong pencerahannya dari agan agan yang sudah berhasil membuat
matur nuwun
Ikut nimbrung mas bro, saya sdh pakai TCI Rangkaian yang berbeda tapi prinsipnya sama pada daihatsu Zebra 93, langsung ngacir bensin lebih irit 15%, starter langsung jreng, intinya kapasitor yang di delco (platina) dilepas (bisa dipakai/digantikan pada kapasitor AC 0,22 mikro F 275 V)
ReplyDeletesekedar info saja, untuk pengganti transistor
ReplyDeletec3460 = bu902/bu903/buv89/2sc3643/2sc3461.
c3039 = mje 13006/2sc2739/2sc3170/2sc4106.
bc557 = bc212/bc257/bc307.
mohon pencerahannya gan.saya udah bikin rangkaian persis seperti ini.tapi apinya kecil sekali dan mobil susah hidup.kira2 apa yang salah ya?trims
ReplyDeletemending ganti cdi amper tdk perlu besar krn voltase yg tinggi +_ 220volt dan kalo tci amper hrs besar krn voltase kecil.
DeleteMemang untuk model tci api cenderung lbh kecil krn volt kecil dan amper harus besar,sebaiknya pakai cdi karena tegangan dinaikan jadi 200volt amper kecil dan hebatnya coil tidak panas krn tdk kemasukan tegangan langsung.saya sudah coba pakai cdi motor dan triger tetap pakai platina,dipasang pd mobil lama hasilnya luar biasa.
ReplyDeleteBang.. Ane tertarik nih.. Bisa ajarin ngga aplikasi CDI motor ke mobil..
DeleteDelco'ku model pulser.. Ngga ada trigger platina'nya.. Email ya..
Bisa dilihat disini http://pengapian-transistor.blogspot.co.id/2015/06/merubah-cdi-motor-untuk-mobil-platina.html
DeleteBisa dilihat disini http://pengapian-transistor.blogspot.co.id/2015/06/merubah-cdi-motor-untuk-mobil-platina.html
DeleteBang marta sya setuju dngan pendapatnya tpi klo pke triger platina jdinya bunga api terjdi saat platina menutup dong . Gmana cranya ngerubah yar terjdi bunga api pd sat platina membuka
ReplyDeletehttp://pengapian-transistor.blogspot.co.id/2015/06/merubah-cdi-motor-untuk-mobil-platina.html
DeleteMastah TCI mau nanya nih..aq udah buat kayak rangkaian diatas...trs yg kapasitor AC 0.22 uF 275V itu susah nyarinya n akhirnya nemu katanya sama..kapasitornya tulisannya 224J 645V...apa tidak apa"...??
ReplyDeleteTlong pncerahannya..mksih..
kpd Sesepuh Pecinta Automotive mhn rekom gbr. Rangkaian Kelistrikan mobil hardtop 1f
ReplyDeletesusah nyari T C3039
ReplyDeletekalo ada penjualan online saya mau tu
ReplyDeleteDi tmpat q bnyak c3039
ReplyDeletesalam kenal Schnell Microcomputer by AHS Digital Control
ReplyDeletesaya ingin bertanya kalau diterapkan di motor vespa bisa gk ini kan vespa saya memakai platina terimakasih tolong dibalas di abiyazidalbastomi@rocketmail.com saya menunggu jawaban dari anda terimakasih
joss boss..
ReplyDeletewah aqu gae gk dadi bos..
ReplyDeleteterlalu sulit..
sudah bisa api keluar tpi tidak tahan lama IC LM358 mati terus, penyebabnya apa ya????????? mohon pencerahan suhu trimakasih
ReplyDeletesama
Deletemau yang tinggal pakai tinggal pesen aja di www.tci-mobil-m2.blogspot.com
ReplyDeleteposting nya sangat bermanfaat sekali :)
ReplyDeleteBos, klo power tr unit J723T galant 93, bisa di jiplak kgamaksud nya di tiru/ bikin sendiri, mohon petuniuk trimakasi
ReplyDeleteAlternatif Skema TCI http://pengapian-transistor.blogspot.com/
ReplyDeletedaripada ujicoba 2 habisin uang dan tenaga dan pikiran ..juga was2 kalo di ajak jalan jauh mati mendadak.. Tinggal beli saja sama pak surya gunawan..minta yg kit HOT . Aku dah beli dan pasang pada carry st100 ..demi allah maknyus.. mantap tarikannya gas merata disemua lini..aku bukan promosi tapi share aja...
ReplyDeleteSaya lebih suka pake irf,gampang n murah,dr pd bikin darlington..
ReplyDeleteyg dah coba ga bisa,skemanya salah yg duwe blog ni sok tau.busi nyala breaker mau buka,skema diatas busi nyala breaker mau nutub
ReplyDeletebeli jadi di b*kalapak.kom murah meriah 80 rb an tinggal pasang, nggak pusing2 belanja dan solder. cari tci tinggal pilih yg paling murah.
ReplyDeletePernahkah diukur masing-masing tegangan iput pada coil tersebut? Berapa di B,(+). Posisi terhubung ke coil ataupun saat coil dilepas.
ReplyDeleteSkema nya trllu rumit...sya buat tci cm modal R 4 bji tip dan irf bisa thn puluhan tahun..sya garansi 10 thun buat para konsumn sya
ReplyDeleteSkema nya trllu rumit...sya buat tci cm modal R 4 bji tip dan irf bisa thn puluhan tahun..sya garansi 10 thun buat para konsumn sya
ReplyDeleteBoleh minta no kontak. Kirim ke 081225523456
ReplyDeleteKerrreeennn artikelnya.
ReplyDeleteSaya kebetulan orang mampu beli yang udah pake ECU, tapi masih hormat sama sampeyan yang berpikir kreatif mau berbagi ilmu dan eksperiment.
Semoga lebih banyak temuan baru, inovasi dan belajar untuk bisa Membuat sendiri. MAJU TERRRUUSS BRO ......
Udh buat tp mobil gak mau nyala.
ReplyDeleteAssalamualaikum, pak di mobil saya pakai magnetic pulser pada delco dan coil nya ada balast resistor nya, seandainya tetap pakai balast tsb, maka komponen mana di rangkaian tsb yg perlu disesuaikan..?
ReplyDeletehi, excuse me, could you show me the calculations, for the resistances, with different voltages (6V, 7.5V, 8.2/8.4V,) for schematics: old ignition TCI Platina/point? and with what canister coil (resistance/inductance), can perform at its best? Thank you in advance Regards
ReplyDeleteMaaf om klo buat mobil sudah cdi bisa tidak ya
ReplyDelete